Hilang Ingatan Masih Bisa Ngomong

Tuesday, January 15, 2019
Hilang Ingatan - Amnesia, lost memory, amnesia

Aku Siapa ? Aku Dimana ?
Hilang ingatan, sebuah hal yang mungkin kita sering liat di film film. Setelah nonton film yang ada adegan tentang hilang ingatan aku jadi kepikiran,

Misal kita sewaktu kecil belajar ngomong pakai bahasa indonesia, terus mendadak hilang ingatan. Apa Kita Masih Bisa Ngomong Pakai Bahasa Yang Sudah Kita Pelajari ?

Aku jadi penasaran, pertama aku cek tentang arti hilang ingatan atau amnesia dan nemu di wikipedia kurang lebih kayak gini Arti hilang ingatan atau amnesia ini sendiri adalah terganggunya daya ingat. Oke terganggunya daya ingat ya.

Lanjut aku cari tentang cara kerja otak, bagaimana otak bisa mengingat ?

Aku nemu keterangan kalau bagian otak yang bertanggung jawab atas ingatan adalah Hipokampus yang ada di bagian lobus temporal aku juga kurang tau posisinya ada di bagian otak mana, tapi setiap satu sel ada satu ingatan kita disana. oke lanjut. ada 3 tahap pembentuk ingatan yaitu
  1. Belajar
  2. Retensi - informasi yang sudah ada dan disimpan di otak
  3. Retrival - Ingatan yang disimpan dipanggil lagi untuk kembali diingat
Kemudian Ingatan Jangka Pendek cuma bisa ingat dalam 30 detik dan cuma bisa mengingat 7 informasi. Kalau ada informasi baru maka yang lama akan perlahan memudar. Tapi kalau ingatan itu terus diulang lama kelamaan akan jadi kebiasaan.

Ingatan Jangka Panjang, aku cuma nemu 5 ingatan jangka panjang.
  1. Implisit - contohnya kita mau nonton film tapi kita udah kena spoiler duluan gimana kelanjutanya, kita udah berusaha lupain eeh.. di otak berusaha nebak "ini nanti gini... gini.. gini" 
  2. Prosedural - yang aku pahami setelah baca tentang ingatan prosedural ini kayak hal yang urut atau perlu tahap dan langkah untuk bisa melakukannya, contoh paling gampang adalah cara makan. Kita menyendok makanan lalu diarahkan kemulut kemudian dikunyah dan ditelan. Karena sering diulang ingatan ini menjadi biasa dan kamu ngga perlu mikir gimana ya caranya kita makan.
  3. Eksplisit - Kamu perlu usaha keras dalam arti lain mikir keras buat ngingat sesuatu, materi pelajaran misalnya, atau cocokin nama sama wajah orang. 
  4. Semantik - Ingatan umum, karena hampir semua orang ingat hal yang sama. Contohnya api itu panas
  5. Episodik - Kenangan terindah pribadi. Misal tanggal 1 kemarin kamu jadian terus tanggal 2 nya putus, mungkin kira kira begitu contohnya.
Oiya itu contohnya berdasarkan pemahamanku sendiri ya entah itu bener atau ngga bisa kamu baca di hallosehat. 

Pertanyaanku diatas mungkin sudah agak terjawab, karena bicara sudah menjadi kebiasaan *2 prosedural. Aku nyimpulin kalau hilang ingatan cuma kecil kemungkinannya bisa lupa cara ngomong.

Nah aku bingung lagi kalau hal biasa dan udah jadi kebiasaan susah buat dilupain.

Misal Kemarin Aku Baru Selesai Belajar Bahasa Jepang Kemudian tiba tiba Hari ini hilang ingatan, apa aku jadi lupa kalau aku sudah belajar bahasa jepang ?

Aku juga udah nyari tapi masih belum ketemu jawabannya sampai sekarang, menurutmu gimana ? ada yang tau mungkin ?

Bantu Jawab ?

Emoticon