Kiri Kanannya Suara dari Audio

Friday, January 18, 2019
Kiri Kanan Audio Stereo-tipemikir

Lagi enak nonton film action tiba-tiba suaranya pindah-pindah dari sebelah kiri ke kanan.. iya ini bukan kesalahan, tapi ini adalah jenis audio STEREO.

kali ini aku mau cari tau Gimana cara kerja audio yang bisa pindah dari kiri ke kanan. Setelah cari tau audio itu ada banyak juga ngga cuma mono sama stereo aja tapi juga ada yang lainnya namanya
  1. Mono/Monaural/Monofonik - Suara yang didengarkan seperti hanya dari satu posisi.
  2. Stereophonic/Strereo - Suara yang dihasilkan seperti nyata baik itu kiri atau kanan.
  3. Binaural - Suaranya lebih nyata terkesan 3D, seolah olah kita ada di tempat yang sama.
  4. Surround - Suaranya terkesan mengelilingi pendengar (kiri,kanan,tengah), seperti di teater atau di bioskop
kayaknya semua headphone atau earphone sudah mendukung buat denger audio-audio diatas jadi silakan dicoba sendiri untuk pengalamannya..Oiya pastiin juga kiri sama kanan headphone/earphone sudah nempel di telinga yang bener. Kamu bisa cek ada huruf R untuk telinga Kanan dan L untuk telinga Kiri. 

Aku juga nyari tau cara membuat film dengan efek suara stereo tapi ngga nemu, kalau kamu nemu bisa kasih tau aku dibawah :)

*tambahan.. Sewaktu aku nyari-nyari tentang audio stereo aku nemu ini di Youtube, mungkin bisa jadi contoh audio jenis Binaural. Di video itu Fujita Akane *nama cewe di videonya* pakai sesuatu yang namanya dummy head sejenis manekin yang diberi mikrofon disetiap telinga, kalau kamu denger lewat earphone atau headphone nanti bakalan kerasa waktu dia ngomong, dari telinga kiri dan kanan kamu, yah kayak nyata banget gitu berasa ngomong langsung.


 

Bantu Jawab ?

Emoticon