Micro SD card Hilang Tiba-tiba

Tuesday, January 29, 2019
Micro Sd Card Mendadak hilang, kartu memori samsung 8 gb ori datanya hilang

29 Januari 2019, cuaca mendung berawan
Kemarin kartu sd/memori eksternal ku tiba-tiba hilang, iyaa yang hilang bukan kartunya tapi datanya. Kapasitasnya 8GB, memang terbilang ukuran kecil tapi data didalemnya nilainnya gede banget. oiya mereknya samsung, waktu beli tablet dapet bonus tambahan itu.

Udah cukup berumur itu kartu memori, kira-kira lebih dari 1 tahun-an lah. Jarang back-up data juga sih, palingan kalau udah full baru di pindah ke laptop. Dan sayangnya kemaren kapasitasnya lagi luang-luang nya tuh kartu memori, jadi belum sempet ke back-up. Sewaktu buat nonton film ditengan perjalanan muncul peringatan film corrupt, langsung aku cek kok ukuran film-nya jadi 0byte (?)

Akhirnya aku cek di File Manager muncul tulisan Kartu SD tak dimasukkan. Yap Kartu SD nya ngga kedetect dan datanya hilang entah kemana

Ini kronologi kejadiannya sewaktu hilang dan error

Sebelumnya sempet error kayak gambar diatas, kapasitas terpakainya jadi -128TB. Tapi errornya cuma sebentar abis itu balik normal. Sempet lega karena udah balik normal, eh gak taunya besoknya malah  kapasitasnya yang makin lega (kartu sd tidak terdeteksi).

Aku cari di internet dan caranya udah pada ngga cocok sama kondisi sekarang.

Cek Logam Kuning di Belakangnya 

Kalau kamu baca tutorial solusi perbaiki kartu sd tidak terdeteksi pasti pernah baca yang kayak gini. Oke aku coba ikutin caranya, cek loga kuningnya ada yg cacat(kegores/kotor/bahkan hilang mungkin), lalu bersihin logam kuningnya. Coba Lagi, tetep aja ngga bisa

Coba di Perangkat lain (laptop/tablet/hp lain)

Kalau mau coba di laptop pake adapter atau card reader. Singkat cerita tetep aja ngga kedetek.

Pake Aplikasi

Ini agak aneh, orang micro sd-nya udah ngga kedetect masak bisa di benerin pake aplikasi. Coba aku ikutin step by stepnya dan waktu langkah ke 8 atau ke berapa gitu stepnya kurang lebih kayak gini "pilih drive yang rusak, apa itu ada di D/E/F" nah makin gokil kan ini caranya, makin gokil ya aku-nya udah dibilang ngga kedetect masih aja dilakuin :v .

TAMAT.

Akhirnya nyerah dan merelakan datanya. Tapi tiba tiba aku inget hal penting. IYA, ada diskon sama promo di online shop. yah kayaknya emang harus ganti baru. Sampai aku nulis ini konten seharusnya paket micro sd ku harusnya udah dalam perjalanan.

Tapi ceritanya ngga cuma gitu, sewaktu milih produk mana yang mau dibeli, pilihannya macem-macem. Ngga cuma kapasitasnya aja yang beda tapi hurufnya juga beda. Maksud huruf disini itu tulisan yang ada di deket angka kapasitasnya, biasanya hurufnya ada.
  1. SD - Secure Digital Kapasitasnya sekitar 2GB
  2. SDHC - Secure Digital High Capacity Kapasitas 4GB-32GB
  3. SDXC - Secure Digital eXtended Capacity Ukurannya besar diatas angka 64GB bahkan sampai TB.
Lalu biasanya di sana juga ada tulisan CLASS,
angka class mewakili kecepatan transfer data, kalau class 2 ya berarti minimal paling lama ya 2MB. Biasanya yang paling terkenal itu class 10 angka kecepatan minimal 10MB. Tapi ada juga yang Class 0 ini biasanya ngga punya kecepatan minimal. Terus ada juga yang UHS Speed Class 1 berarti minimal 10MB dan UHS 3 minimal 30MB

Aku juga baru tau itu huruf-huruf ada artinya. Jadi yah kira kira gitu aja, dan sering sering back-up atau duplikat file kamu, jadi kalo seumpama ada apa apa jadi masih ada cadangan-nya.

Bantu Jawab ?

Emoticon