Posisi Kancing Baju Kita Kok Beda

Saturday, January 5, 2019

Ya Halo, kalian pernah ngga waktu pake baju atau seragam mungkin terus ngeliatin kancing bajunnya ? kepikiran ngga sama bedanya baju cowok sama cewek, pria dan wanita, laki-laki juga perempuan ?
Baju, lebih tepatnya kemeja atau pakaian yang mungkin aja ada kancingnya.
Bukan masalah design sama warna nya yang buat beda, tapi posisi kancingnya yang ngga sama.
Pria di kanan, sementara wanita ada di kiri.

Sewaktu nyari jawaban kenapa bisa beda, ternyata jawabannya ngga ada yang pasti.. yap dengan kata lain cuma sekedar teori, tapi sebagian sumber kurang lebih mengatakan hal yang sama

Kenapa Bisa Beda ?

Teori

Menurut M. Moore pendiri Elizabeth & Clarke, Kancing itu diciptakan pada abad ke 13, seperti halnya teknologi baru pada masa itu, kancing juga punya harga yang mahal. Jadi untuk wanita bangsawan suka dibantu sewaktu berpakaian terutama mengancingkan baju, jadi menurutnya akan lebih mudah.

Kalau soal kemeja pria pada masa dulu itu banyak mode pakaian yang dipengaruhi oleh elemen militer. Yaitu senjata yang ada di dalam baju dapat mudah diambil, karena tangan kanan yang dapat langsung masuk kedalam celah kancing baju.

Chapin mempertimbangkan tradisi untuk teori lainnya, pada tahun 1880an dibanyak tempat pakaian wanita yang seperti seorang pria adalah hal yang ilegal. Jadi mungkin hal ini menjadi pembeda saat mengancingkan baju dari posisi yang berbeda menunjukan pakaian wanita atau pria.
Kalau mau baca versi lengkapnya bisa ke today .com

Tapi kalau sekarang kayaknya pembatas buat pembeda pakaian pria wanita, laki-laki perempuan, sama cowo dan cewe mulai hilang, siapapun bisa pakai, ngga perlu tau buat siapa baju ini dibuat semua bisa nyoba.

Tapi sekali kali coba deh pake kemeja yang lawan jenis.
Kalau kamu cowo coba pake kemeja cewek, atau kamu cewe bisa nyoba kemeja buat cowo. Nanti kamu juga akan tau gimana rasanya susah banget sewaktu ngancingin baju. :)

Bantu Jawab ?

Emoticon