Siapa Orang Yang Berani Makan Fugu

Wednesday, January 2, 2019
Ikan Fugu Berbahaya, Siapa orang pertama yang memakannya

Hari ini aku kepikiran tentang ikan Fugu.
Tau kan kalau ikan ini beracun dan sudah banyak korban tewas ?
Aku jadi mikir "Kalau seumpama orang pertama makan ikan fugu terus tewas, lalu orang kedua yang ngeliat orang pertama tadi mesti mikir kalau ikan ini berbahaya dan ngga makan itu ikan".
Jadi pertanyaannya adalah siapa orang kedua yang punya nyali gede buat makan ini ikan ?

Fugu dalam bahasa jepang, adalah ikan yang beracun dibeberapa bagian tubuhnya, tapi anehnya ikan fugu yang punya bagian tubuh beracun malah hidup sehat-sehat aja ngga keracunan, kenapa ?

Menurut WikiPedia beberapa bagian tubuh ikan Fugu ini telah bermutasi sehingga kebal terhadap racunnya sendiri. Racunnya bernama Tetrodotoxin yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot sehingga mengakibatkan tidak dapat bernapas dan berakhir sudah. Kabar buruknya racun ini masih belum ada antidot atau penawarnya. Bagian tubuh yang beracun antara lain hati, ovarium, dan kulit.

Di Jepang sendiri untuk mengolah ikan fugu ini sang koki harus berlatih dan baru diijinkan menjualnya setelah mendapat sertifikat lisensi aman, pelatihannya memakan waktu sekitar 2-3 tahun. Itupun Koki yang lulus cuma 35% nya aja. Pisaunya sendiri adalah pisau khusus untuk memotong ikan fugu yang bernama Fugu Hiki. Tentu aja harganya juga ikutan naik seharga 2000 Yen atau Rp.250.000.

Oiya balik ke pertanyaan

Siapa Orang Yang Berani Memakan Ikan Fugu ini ?

 Orang Pertama

Dari refernsi Catatan Kapten James Cook dari pelayaran pasifk keduanya, pada 7 september 1774 awak kapal HMS Resolution Cook menangkap Ikan Tropis Berduri, setelah memisahkan beberapa bagian . Bagian ikan kepala, organ (hati, mata, indung telur) diberikan kepada babi yang disimpan di kapal mereka. Awak kapal yang memakan ikan berduri tadi merasakan mati rasa, sesak napas, tetapi mereka selamat. Sedangkan babi tadi mati, lalu mereka menyimpulkan kalau kandungan racun tertinggi ada di bagian ikan yang dimakan oleh babi tersebut.

Menurut penelitian sekitar 1 sampai 2 mg racun tetrodotoxin ikan fugu bersifat membunuh sedangkan dosis dibawah itu masih bisa ditangani. Jadi mungkin awak kapal yaitu orang pertama yang mengonsumsi ikan itu selamat karena makan bagian ikan kecil jadi dosis racunnya juga kecil sehingga bisa selamat

Lalu bagaimana dengan Orang Kedua yang makan ?

Yaa.. selamat. Soalnya pertanyaan yang aku pikirin beda sama yang aku temuin :D
Oiya kelupaan, aku juga nemuin di wikipedia kalau ikan Fugu ini beracun karena ini ikan juga memakan hewan lain yang mengandung bakteri tetrodotoxin . Tapi sekarang seiring jaman, ada petambak ikan yang menjauhkan fugu dari bakteri sehingga ikan fugu yang di tambak menjadi 'bebas racun'. Tambak ikan ini ada di kota Usuki prefektur Oita Jepang. Yang terkenal menjual fugu yang bebas racun.

Gimana menurutmu ?

Bantu Jawab ?

Emoticon