Sidik Jari dan FingerPrint Lock

Sunday, January 20, 2019
Sidik Jari-FingerPrint-tipemikir





Sidik jari setiap orang beda, ngga ada yang mirip. Maka lahirlah namanya finger print scanner yang dipake buat keamanan hp kita. Sidik jari kalau kita liat itu kayak garis-garis tipis yang ada di jari. Aku kepikiran gimana kalau ada garis yang ngga kita harapkan nambah di sidik jari kita ?
Maksudnya seperti jari kita tergores seuatu gitu, apa sensor sidik jari di hp masih bisa dipake ?

Ya masih tipemikir disini, pernah ngga kamu mikir gimana kalau sidik jari kita rusak ? kalo gitu fingerprint scanner di hp ku jadi ngga berfungsi lagi dong ? atau mungkin Sidik jari kita sama'an ? Setelah aku cari tau ternyata semua jawabannya NGGA. Simple bangetkan. :)

Daktilosopi nama keren ini adalah ilmu yang mempelajari sidik jari tangan atau kaki. Kalau fungsi sidik jari dalam kehidupan sehari hari adalah agar kita bisa memegang sesuatu lebih kencang ngga licin, karena garis garis tipis yang biasa kita sebut sidik jari ini memberi gaya gesek pada benda yang kita sentuh.

Oke, sidik jari kamu yang katanya satu satunya didunia. yang dibilang orang ngga ada yang sama itu. Ternyata punya pola pola yang unik.
Pola Sidik Jari - FingerPrint Pattern


  1. Whorl - berbentuk spiral yang paling menonjol dan sangat mudah dilihat.
  2. Arch - bentuknya melengkung dan datar.
  3. Loop - letaknya ada di ujung jari yang dekat pergelangan tangan.
  4. Triradius - pusat dari garis lengkungan.
ya kurang lebih begitulah, kalau mau baca lebih detail kamu bisa kunjungi langsung WikiPedia

Lanjut pada scanner sidik jari yang ada di smartphone kita biasanya hanya fokus memindai pada 3 pola garis, yaitu, akhir garis/ ridge ending, bifurcation/ garis yang bercabang, short ridge/ garis kecil yang hampir sama seperti titik. *oiya penjelasannya kurang lebih seperti itu, lengkapnya bisa kamu baca di Wikipedia Juga tinggal klik aja.

Cara HP-mu mengenali sidik jari kamu cukup simple yaitu sidik jari kamu yang sudah di-scan disimpan dan untuk membuka kuncinya sidik jari yang kamu tempel akan dicek lagi, apa benar sama dengan yang disimpan tadi. Yang cukup ribet itu ada di proses scan/pemindaiannya-nya.
  1. Optical - cara kerjanya mirip mesin fotokopi, kamu pernah lihat sewaktu mau fotocopy sesuatu ? kertas yang mau difotocopy ditempel di kaca lalu ada cahaya yang muter bolak-balik. Kurang lebih seperti itu.
  2. Ultrasonik - Cara kerjanya mirip mesin USG, hasilnya juga lebih bagus. Bahkan penggunaannya bisa lebih fleksibel seperti kaca atau logam. Bahkan bisa ditanam di dalam layar. Kamu pernah lihat kan sekarang ada smartphone yang fingerprint scannernya ada di dalem layar. :)
 Kurang lebihnya kayak gitu yah, jadi intinya sidik jari itu sifatnya permanen ngga bisa hilang atau rusak, selama jari kamu masih nempel sama tangan maka fingerprint scanner di hp pintar kamu masih bisa mengenalinya. :)

Bantu Jawab ?

Emoticon